Sistem Operasi Jaringan

Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer yang terhubung bersama dan dapat berbagi sumber daya yang dimilikinya, seperti printer, CDROM, pertukaran file, dan komunikasi secara elektronik antara komputer. Hubungan antara computer dalam jaringan dapat mempengaruhi media kabel, telepon, gelombang radio, satelit, atau sinar infra merah (infrared). Jenis jaringan komputer terbagi dalam dua klasifikasi, yaitu berdasarkan teknologi transmisi dan berdasarkan jarak.

Jenis jaringan komputer berdasarkan transmisi;
Jaringan peer to peer
Setiap komputer yang terhubung pada jaringan dapat berkomunikasi dengan komputer-komputer lain secara langsung tanpa melalui komputer perantara.
Pada jaringan ini sumber daya terbagi pada seluruh komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut, baik sumber daya yang berupa perangkat keras maupun perangkat lunak dan datanya
Komputer yang terhubung dalam jaringan peer to peer pada prinsipnya mampu untuk bekerja sendiri sebagai sebuah komputer stand alone.
Tipe jaringan seperti ini sesuai untuk membangun sebuah workgroup dimana masing-masing penguna komputer bisa saling berbagi pakai penggunaan perangkat keras.
Jaringan client/server
• Terdapat sebuah komputer berfungsi sebagai server sedangkan komputer yang lain berfungsi sebagai client
• Komputer server berfungsi dan bertugas melayani seluruh komputer yang terdapat dalam jaringan tersebut.
• Sedangkan komputer client (workstation) sesuai dengan namanya menerima lanyanan dari komputer server

Jenis jaringan berdasarkan jarak ;
LAN (Local Area Network).
Jaringan ini disebut sebagai jaringan area local,yaitu jaringan ini terbatas untuk area kecil,seperti pada lingkungan perkantoran disebuah gedung,sekolah, atau kampus.Dalam jaringan LAN ,terdapat satu computer yang biasanya dijadikan file server.
MAN(Metropolitan Area Network).
Jaringan ini mempunyai area jaringan yang lebih luas dari LAN. Jaringan ini disebut sebagai Jaringan Area Metropolitan yang menjangkau antarwilayah dalam satu provinsi.
WAN (Wide Area Network).
Merupakan gabungan dari LAN, yang ruang lingkupnya dapat saja satu lokasi, misalnya gedung bertingkat atau dapat tersebar di beberapa lokasi di seluruh dunia. Jaringan jenis ini membutuhkan minimal satuserver untuk setiap LAN, dan membutuhkan minimal dua server yang mempunyai lokasi yang berbeda untuk membentuknya.

Macam – macam topologi fisik jaringan :
a) Topologi jaringan bus adalah computer yang berfungsi sebagai server dan workstation dihubungkan dengan kabel tunggal atau kabel pusat.Keunggulanya adalah mudah dalam menambah workstation baru tanpa mengganggu workstation lain.Kelemahannya gangguan kabel pusat, maka seluruh jaringan dalam workstation akan terganggu.
b) Topologi Ring adalah computer senral dihubungkan dengan computer sentral lainnya sehingga membentuk lingkaran jaringan.Keungggulannya, pada topologi Ring tidak akan terjadi tabrakan data karena hanya satu note.Kelemahanya ,setiap note akan menerima informasi dan mengelolahnya untuk selanjutnya diterima atau dilewatkan,sehingga bila terjadi gangguan pada salh satu note, maka seluruh jaringan akan terganggu.
c) Topologi Mesh adalah semua computer yang terhubung adalah sebagai sentral atau note.Kelemahan jaringan ini dalah kurang ekonomis karena relative mahal dalam pengoperasiannya.
d) Topologi Star adalah jaringan yang dihubungkan ke computer server secara langsung atau melalui hubungan dengan tingkat kerumitan lebih ringan dibandingkan mesh.
e) Topologi Tree adalah jaringan yang disebut juga sebagai jaringan pohon atau jaringan bertingkat.Topologi jaringan ini paling umum digunakan karena memiliki kehandalan.

Fungsi Jaringan Interkoneksi antar komputer telah menambah fungsinya, tidak hanya sebagai pengolah dan penyimpan data, melainkan sebagai alat komunikasi, resource dan information sharing. Dalam suatu jaringan komputer kita dapat saling berbagi pemakaian sumber daya (resource) bersama, misalnya: Printer, Plotter, Harddisk, Dvdrom/Cdrom, Floppy Disk dsb.

Sistem operasi jaringan adalah suatu jenis sistem operasi yang dikususkan untuk menangani jaringan.Sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya. Contoh-contoh system operasi jaringan, yaitu:

Novell NetWare adalah Menggunakan dedicated server dimana komputer server memang khusus untuk melayani komputer client, Protokol jaringan menggunakan IPX/SPX dan NetWare adalah sebuah sistem operasi jaringan yang dikembangkan oleh Novell, Inc koperasi ini mulanya digunakan multitasking untuk menjalankan berbagai layanan pada sebuah komputer pribadi, dan protokol jaringan didasarkan pada pola dasar Sistem Network Xerox stack. NetWare telah digantikan oleh Open Enterprise Server (OES). Versi terbaru NetWare adalah v6.5 Dukungan Paket 8, yang identik dengan OES 2 SP1, NetWare Kernel.
Microsoft LAN Manager sebuah sistem operasi jaringan yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation bersama-sama dengan 3Com Corporation. LAN Manager didesain sebagai penerus perangkat lunak server jaringan 3+Share yang berjalan di atas sistem operasi MS-DOS.
Microsoft Windows NT Server adalah menggunakan non-dedicated server sehingga memungkinkan untuk bekerja pada komputer server, protocol jaringan menggunakan TCP/IP dan Windows NT merupakan sebuah sistem operasi 32-bit dari Microsoft yang menjadi leluhur sistem operasi Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista. Sistem operasi tersebut pada awalnya mendukung beberapa platform mikroprosesor, dimulai dari Intel 80×86 (hingga sekarang), MIPS R4x00 (dihentikan pada versi Windows NT 4.0), Digital Equipment Corporation Alpha AXP (dihentikan pada versi Windows 2000 Beta 3), IBM PowerPC (dimulai dari versi Windows NT 3.51 dan dihentikan pada versi Windows NT 4.0), serta beberapa platform lainnya, seperti Clipper dan SPARC (tidak dirilis untuk umum, karena dibuat oleh pihak ketiga, Intergraph). Saat ini, sistem operasi berbasis Windows NT hanya mendukung platform Intel 80×86, Intel IA64 dan AMD64 (atau x64), sementara platform lainnya tidak didukung lagi, mengingat kurangnya dukungan dari pihak ketiga untuk prosesor tersebut.

GNU/Linux
adalah turunan dari Unix yang merupakan freeware dan powerfull operating system,memiliki implementasi lengkap dari arsitektur TCP/IP
Banyan VINES
Beberapa varian UNIX, seperti SCO OpenServer, Novell UnixWare, atau Solaris

Referensi :
bos.fkip.uns.ac.id//mengoperasikan_sistem_operasi_jaringan_komputer_berbasis_text.pdf
Hidayat rudi , nana juhana, deden suryana..,.2005.”Teknologi informasi & Komunikasi “.Penerbit Erlangga.

http://id.wikipedia.org/wiki/LAN_Manager

http://en.wikipedia.org/wiki/Novell_NetWare

About these ads

4 Komentar

  1. ngambil ini juga mas

  2. ijin kopi ya mas… ^^


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.